DARI AWAM MENJADI PAHAM: Deretan 10 Ponsel terlaris di Indonesia kuartal kedua tahun 2016

2016-12-03

Deretan 10 Ponsel terlaris di Indonesia kuartal kedua tahun 2016

Tahun 2016 segera berakhir, namun geliat pasar ponsel di tanah air belum berhenti bergerak. Tapi tahukah Anda ponsel apa yang terlaris hingga kuartal kedua tahun 2016? Ayo kita simak ulasannya..

Sampai kuartal kedua (April-Juli), ternyata 10 peringkat teratas ponsel terlaris di Indonesia, dikuasai oleh hanya 3 pabrikan ponsel, Samsung, Oppo dan Asus. Samsung menempatkan 5 ponsel, Oppo 3 ponsel dan Asus 2 ponsel. Berikut adalah urutannya.
Diurutan pertama ponsel terlaris ditempati oleh ponsel entry level milik Samsung, Samsung J1 mini. Ponsel berlayar 4" dengan 2 sim card yang di pasaran dibanderol seharga 1,1 jutaan ini memiliki pangsa pasar sebesar 5,2% dari seluruh ponsel yang terjual di pasaran Indonesia sampai kuartal kedua tahun ini. Laporan pasar itu sendiri dirilis oleh firma Counterpoint, sebuah lembaga riset yang berpusat di Asia.
urutan kedua bertengger ponsel entry level lainnya milik Samsung, Galaxy J2. Pangsa pasar yg dikuasainya adalah sebesar 4,6%.
Di urutan ketiga ada ponsel keluaran negeri Tirai Bambu yang namanya sedang naik daun di kerasnya persaingan perebutan pasar ponsel di China dan Indonesia, Oppo. Adalah Oppo F1, generasi pertama ponsel selfie milik Oppo dan Oooo Neo 7 yang menduduki posisi ketiga dan keempat peringkat ponsel terlaris di Indonesia. Keduanya berturut2 menguasai 4,4% dan 4,2% penjualan ponsel nasional.
Posisi selanjutnya adalah ponsel Zenfone Go milik produsen asal Taiwan, Asus, dengan 4,0%. Ponsel Samsung kembali mengisi peringkat ke enam lewat Galaxy J1 2016 dengan 3,6%.
Peringkat ke tujuh dipegang ponsel yang sedang gencar2nya diiklankan di tivi, Oppo F1 Plus, dan berkat gencarnya pihak Oppo dalam memperkenalkan serie selfie ponselnya, F1 plus mampu meraih pangsa pasar sebesar 2,9%.
Posisi ke delapan sampai sepuluh berturut2 di tempati oleh Asus Zenfone selfie, Samsung Galaxy J3 dan Galaxy J1 dengan prosentase 2,2%, 2,1% dan 1,7%.



Yang menarik dari penguasaan pasar ponsel di Indonesia, sebagian besar, utamanya Samsung, masih dikuasai oleh smartphone entry level yang tentunya ditawarkan dengan harga murah, dan yang menjadi pesaingnya dari kelas mid level adalah smartphone yang bertajuk 'selfie'.

 Bahkan di tahun 2016, pabrikan ponsel dunia, selain Oppo yang memang menjadikan ponsel selfie sebagai jualan utama, ramai-ramai mengeluarkan lini ponsel selfie untuk dijadikan jualan baru demi bersaing di pasar selfie yang belakangan makin marak dan laku keras.
  
Dan kami rasa, dalam beberapa bulan ke depan,  para produsen smartphone, utamanya Samsung akan menghadirkan smartphone bertajuk ponsel selfie dengan kamera yang makin gahar, makin maxi pixel. 

source

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...