DARI AWAM MENJADI PAHAM: Smartwatch A1 / U10 sim + memory card slot Review, Spesifikasi dan Harga

2016-11-30

Smartwatch A1 / U10 sim + memory card slot Review, Spesifikasi dan Harga

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Setelah kami membahas smartwatch GT08 di postingan sebelumnya, kini kami mencoba mereview smartwatch A1 sekaligus spek dan harganya di pasaran Indonesia.

Smartwatch atau jam tangan pintar, yang akhir2 ini semakin menggeliat penjualannya di pasaran, menawarkan berbagai macam model, salah satunya adalah smartwatch A1 yang lebih dikenal sebagai Appl Watch Clone karena kemiripannya dengan produk terkenal tersebut, namun dihadirkan ke pasaran dengan harga murah khas produk negeri Tirai Bambu. 

Kiri : Smartwatch A1, kanan : Apple Watch


Hadir dengan tampilan mirip dengan AppleWatch seperti gambar di atas, build quality yang lumayan, strap karet yang tidak mengganggu pergelangan tangan dan dengan strap yang saling mengait, dijamin tidak akan lepas meskipun anda sangat aktif bergerak jika digunakan, adalah salah satu keunggulan dari smartwatch ini. Jika dibandingkan dengan sesama produk dari Cina, Smartwatch GT08, perbedaan mendasarnya adalah pada letak slot micro usb yang berada di samping kanan di bawah tombol power, sedangkan GT08 masing2 ada disisi bersebelahan. 




Tampilan menu cukup sederhana, mudah diakses dan cukup responsif meski ukurannya sangat kecil. Di barisan menu yang tersedia kita dapat memilih aplikasi yang secara default telah terinstal di dalamnya, misalkan aplikasi media sosial seperti whattsap, bbm yang jika kita ingin menggunakannya, harus di pairing melalui Smartphone dan menginstall applikasi BT Notification dari Play Store. Jadi setiap ada pesan dari medsos, akan ada pula notifikasi di Smartwatch kita. 

Dengan adanya slot sim card GSM, anda tentunya bisa melakukan panggilan telepon langsung dari smartwatch, atau menerima panggilan meskipun tidak dipairing dengan ponsel. Untuk mempermudah mendengarkan audio, anda harus membeli bluetooth headset karena tidak ada jack audio yang tertanam di sana.

Pun demikian dengan sms. Anda dapat menerima dan mengirim sms langsung dari smartwatch, meskipun pastinya agak sedikit sulit dengan layar seluas 1,5" mengetikkan sms anda. Apalagi anda yang berjari besar.

Kamera 0,3 MP yang berada di bagian atas dari smartwatch, meskipun hasil yang didapat tentunya agak mengecewakan, tapi lumayanlah bisa buat spy camera. 

Fitur lain yang tersemat antara lain anti loss teknologi untuk mengikat ponsel biar tidak hilang, Pedometer, memonitor tidur, menetapkan pengingat, Audio dan Video Player serta Kalender (synchronizable). Fitur seperti ini rata2 sudah ada di berbagai mcam smartwatch yang lain, meski dengan harga lebih murah sekalipun.

Daya tahan baterai cukup lumayan sekitar seharian dalam pemakaian normal, dan jika dipakai menelpon atau mendengarkan musik secara kontinyu, baterai hanya dapat bertahan selama 7-8 jam.  Lumayan sih daya tahannya.

Smartwatch ini belum dilengkapi fitur tahan air, jadi berhati-hatilah jika memakainya di kala musim penghujan seperti sekarang.

Sebagai kesimpulan, inilah kelebihan dan kekurangan smartwatch ini :

Kelebihan :
  • Harga yang murah, berkisar di angka 200 ribuan
  • Bisa telepon dan sms-an langsung dari smartwatch
  • Daya tahan baterai lumaya lama
Kekurangan :
  • Resolusi kamera terlalu rendah
  • Tidak ada headset bluetooth dalam paket pembelian
  • Suara dari speaker agak kecil, agak sulit menelpon di daerah yang agak bising.
Sebagai penutup, kami berikan spesifikasi dan harga di pasaran Indonesia.

Cpu: MTK6260A AMR7
1.54 "tft lcd layar sentuh 240*240 piksel
Jaringan & konektivitas:
Sim card: kartu sim tunggal (kartu sim mikro) dapat sebagai telepon
Frekuensi: gsm 850/900/1800/1900 MHz
Bluetooth: bluetooth 3.0
Penyimpanan: ram 128 MB , rom 64 MB; memori eksternal: dukungan kartu tf hingga 32 GB
Display: 1.54 inch tft lcd, 240x240 piksel
Kamera: 0.3MP
Perekaman video: didukung

Harga di Tokopedia :  Rp. 190.000,-

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...