DARI AWAM MENJADI PAHAM: Tutorial Blogger Pemula : Read more text dan highlight kata yang penting

2016-12-20

Tutorial Blogger Pemula : Read more text dan highlight kata yang penting

Setelah kami membahas tentang fitur dashboard di postingan sebelumnya, Tutorial Blogger : Mengenal Fitur Dashboard Lebih Dekat Bagi Pemula, sekarang kami akan mencoba menjelaskan dua fitur di dalamnya, yaitu pada saat pengeditan postingan anda dengan menambahkan read more text/baca selengkapnya dan menambahkan highlight/warna latar pada kata yang dianggap penting.




Read More Text 
Gambar di atas adalah tampilan halaman beranda/home pada blog ini, Annisa-n900.blogspot.co.id. Pada tampilan ini, halaman beranda memuat postingan terakhir secara lengkap, sehingga jika kita berniat menampilkan 3 atau lebih postingan maka anda bisa bayangkan petapa panjangnya halaman beranda kita jika semua postingan terakhir kita ditampilkan secara utuh.

Sekarang kita bandingkan dengan tampilan berikut dengan read more atau baca selengkapnya jika menggunakan bahasa Indonesia.


Dengan tampilan ini, kita dapat menampilkan 3-5 postingan terbaru kita di halaman beranda atau home tanpa membutuhkan halaman yang sangat panjang yang selain kurang sedap dipandang, juga akan membosankan bagi pembaca kita jika harus scroll down terlalu panjang.

Untuk menampilkan read more text atau baca selengkapnya, anda silahkan masuk ke dashboard, melakukan editing post, dan lakukan seperti gambar di bawah ini :

Blok bagian mana saja dari postingan Anda, usahakan bagian awal atau bagian yang mengandung rangkuman isi dari postingan anda, bisa disandingkan dengan gambar sebagai penarik di beranda. Setelah di blok, klik page break yang ditunjukkan oleh anak panah. Selesai, perbaharui post anda dan lihat hasilnya. Lakukan pada semua postingan anda, sehingga akan selalu tampil dengan suntingan dan read more text di halaman beranda blog anda. Sangat mudah .....

Highlight / Warna Latar
Dalam blog kita, untuk menandai kata-kata yang penting atau ingin kita tonjolkan, sudah disediakan pemberian karakter bold, italic atau underline. Tapi kalau itu belum memuaskan anda, masih ada fitur lain yang dapat kita maksimalkan penggunaannya untuk menarik kilatan mata pembaca blog kita hingga tertarik melanjutkan bacaannya. Fitur yang kami maksud adalah highlight.

 

Saya yakin anda sangat paham maksud kami dengan highlight ini, dan caranya sangat mudah, blok kata atau kalimat yang anda ingin highlight, kemudian klik highlight icon seperti dalam lingkaran merah di atas, pilih warna yang anda inginkan, selesai...blog anda akan lebih berwarna. 

Banyak baca, banyak coba, makin cerdas.....

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...