DARI AWAM MENJADI PAHAM: Tutorial cara menentukan target negara di blogger

2016-12-21

Tutorial cara menentukan target negara di blogger

MA Channel : Barusan berkunjung ke blog saya, ternyata jumlah pengunjung semakin berkurang. Coba-coba cek ke riwayat penelusuran di statistik dashboard, pengunjung situs saya ternyata ada yang berasal dari luar Indonesia, ada yang dari Amerika Serikat. Ngapain orang luar masuk blog saya yang nyata-nyata disetting lokasi di Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia. Apa settingan di dashboard blog kita tidak nyambung ke Webmaster Tools? 



Gambar di atas menampilkan asal dari pemirsa blog saya, Brazil, Amerika Serikat dan Alaska menyumbang pemirsa juga ternyata...hehe... Hebat dong, ada yang nyasar ke blog saya, tapi sial juga sih, karena pemirsa kayak gini nggak berguna buat blog kita, Kita nyari pemirsa yang se bahasa, sehingga mereka bisa berlama-lama di blog kita, dan syukur2 bisa baca artikel yang berbeda, dan lebih syukur lagi kalau mau berlangganan feed dari blog kita.

Parahnya lagi, kita akan berhadapan langsung dengan berjuta situs luar negeri, sehingga posisi situs kita di halaman pencarian google bisa saja berada di halaman yang tak terlihat sama sekali, di halaman antah berantah, apalagi dengan pengetahuan SEO yang minim...

Mungkin akan lain ceritanya bila situs atau blog kita berbasis bisnis, penargetan secara global tentu akan menambah jumlah pemirsa kita, itu harapan kita.

Tapi apa bisa kita bersaing dengan produk yang sama dari luar negeri yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan situs. Mending kita main di lokal aja dulu kalau kelas kita cuma bisa disitu, gak perlu maksa main global...hehe...

Contoh kecil berikut akan kami perlihatkan dengan pencarian di google.com dan google.co.id dengan menggunakan kata cara...



Yang di atas adalah melalui google.com, yang dibawah dengan google.co.id. Hasil pencarian akan berbeda dengan kata yang sama, karena google.com yg digunakan secara global, termasuk kita di Indonesia, menggunakan standar bahasa Inggris dan pencarian secara global pula, sehingga sulit menemukan situs berbahasa Indonesia di halaman pertama pencarian kata 'cara'. Lain halnya jika melalui google.co.id, yang penelusurannya diutamakan yang berbahasa Indonesia.

Lantas, gimana cara menyetting agar blog kita ditujukan kepada pemirsa yang satu bahasa sama kita, Indonesia, Brunai, Malaysia.?? Ternyata, kita harus merubah penargetan internasional menjadi ke wilayah tertentu saja. Caranya ada 2 macam, pertama melalui webmaster tools di Google search console, masuk saja ke dashboard anda, setelan>preferensi penelusuran>Google Search Console. Masuk ke Lalu Lintas Penelusuran>Penargetan Internasional dan ceklist negara pengguna kemudian cari negara Indonesia.


Itu cara pertama jika kita menargetkan satu negara saja. Negara yang dituju bisa negara apa saja, tergantung isi blog anda.

Cara kedua, melalui edit html, jika kita menginginkan beberapa negara, misalnya Brunai, Malaysia dan Singapura. 

Caranya, masuk ke dashboard> template>edit html. 

Silahkan letakkan Meta berikut dibawah <head> atau berjejer dengan kode-kode Meta yang sudah ada

<meta name="geo.region" content="US" />
<meta name="geo.position" content="37.09024;-95.712891" />

Ganti id dengan ID negara tujuan dan Ganti Geo Position

Untuk Malaysia

<meta name="geo.region" content="MY" />
<meta name="geo.position" content="2.764552;101.887207" />

 
Untuk mencari koordinat geoposition dan id negara yang diinginkan, silahkan cari di link ini, GEO TAG
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...